Resep Main: Hadirkan Pembelajaran Berbasis Game Sederhana di Tengah Pandemi Corona

Salah satu prioritas ketika mulai work from home adalah menyiapkan berbagai media dan referensi pendukung untuk proses pembelajaran Kiriya, putri kami yang kebetulan baru berusia 5 tahun. Beberapa minggu ini kami memanfaatkan berbagai games dan konten dari pbskids.org untuk proses belajar pagi, Netflix Kids untuk movie night, Youtube untuk belajar menggambar serta menari, dan berbagai card/board game untuk aktivitas bermain besama.

Menemukan sumber konten serta media yang tepat hanyalah satu dari banyak hal yang harus dilakukan orang tua memastikan anak-anak bisa tetap belajar dengan baik di rumah. Satu proses yang saya akui bukan hal yang mudah, apalagi dengan segala keterbatasan dan tantangan di saat pandemi seperti ini.

Sebagian dari kita mungkin cukup beruntung, memiliki akses internet sekaligus fasilitas pendukung lain yang diperlukan. Namun banyak keluarga yang tidak seberuntung kita. Fasilitas belajar online menjadi sesuatu yang jauh dari kemampuan mereka. Kendala yang sama bukan hanya dari sisi keluarga peserta didik, tapi juga dari sisi sekolah/pendidik yang sebagian besar tampaknya masih kesulitan untuk menghadirkan proses pembelajaran online secara efektif. Mungkin yang diperlukan adalah sebuah upaya bersama untuk berbagi ide dan praktek baik memanfaatkan berbagai media yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran yang efektif. Dengan demikian kita bisa saling mengingatkan, menguatkan, sekaligus menghadirkan proses belajar yang baik di mana-mana.

Hal di atas yang kemudian melandasi kami di Kummara dan Ludenara untuk memperkenalkan Resep Main. Resep main adalah sebuah panduan agar setiap orang bisa memanfaatkan berbagai game yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran yang optimal. Resep Main juga disusun agar setiap orang yang membacanya bisa ikut mencoba dan mendapatkan manfaat baik dari game yang ada.

Pengembangan Resep Main pada dasarnya dilandasi pemikiran berikut:


Resep Main bisa dikembangkan untuk berbagai jenis game yang ada. Dari mulai boardgame, mobile game, pc game, konsol game, game tradisional, juga berbagai game yang kita sendiri kembangkan/miliki. Untuk rekan-rekan yang tertarik mengembangkan dan berbagi Resep Main bisa melakukannya dengan cara menjawab 4 poin berikut:

  1. Data game. Sebutkan judul game, platform, jumlah pemain (yang anda sarankan), durasi, rating, rekomendasi umur pemain, dan data terkait lainnya yang di rasa penting untuk diketahui.
  2. Mengapa game ini menarik? Sampaikan alasan mengapa game ini menarik dan sebaiknya bisa di coba.
  3. Bagaimana memainkannya? Berikan penjelasan singkat bagaimana game ini dimainkan. Sertakan link pendukung jika diperlukan.
  4. Apa yang harus dilakukan agar bermain game ini bisa memberikan dampak positif? Susun ide/langkah-langkah pemanfaatan game ini secara jelas. Fokus pada tujuan agar pembaca bisa mengikuti langkah yang kita susun dan mendapatkan manfaat seperti yang kita rasakan.

Untuk rekan-rekan yang membaca Resep Main dan tertarik untuk mengaplikasikannya di keluarga, mohon bisa memperhatikan langkah berikut:

  1. Pelajari apakah gamenya cocok untuk keluarga kita. Apakah sesuai dengan target umur anak kita? apakah sesuai dengan budaya/nilai keluarga kita? 
  2. Pelajari apakah kita memiliki akses terhadap gamenya. Apakah gamenya bisa didapatkan gratis atau kita memiliki kemampuan untuk mendapatkannya?
  3. Komunikasikan rencana memainkan game tersebut pada keluarga. Apakah anak-anak/keluarga kita setuju untuk mencoba resep main tersebut?

Jika salah satu pertanyaan tersebut anda jawab “TIDAK” maka sebaiknya anda bisa mencari game dan Resep Main lainnya. Atau mungkin Anda bisa mengembangkan resep main Anda sendiri untuk kemudian bisa dibagi. Berbagai contoh resep main bisa anda temukan di bagian bawah artikel ini.

Untuk anda yang bersedia ikut berbagi bisa mengirimkan Resep Main anda ke email: resepmain@ludenara.org. Anda juga bisa berbagi Resep Main Anda melalui instagram dengan menyertakan #resepmain dan mention @ludenara

Selanjutnya secara bertahap kami akan mempublikasikan berbagai Resep Main melalui web dan akun instagram @ludenara. Saatnya kita berbagi sedikit resep untuk suguhkan bermain bermakna di seluruh Nusantara.


Yayasana Ludere Nusantara Gemilang (Ludenara.org) adalah sebuah non for profit organization yang kami dirikan untuk mempromosikan pendekatan pembelajaran berbasis game (Game-Based Learning) untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Artikel ini sebelumnya telah dipublikasikan di http://ludenara.org/resepmain/

Leave a Reply