Bagaimana kita bisa berlatih menjadi seorang PLAYFUL LEADER?

Mungkin kita bisa memulainya dengan melakukan 3 hal berikut:

(Curious) Bangun selalu rasa ingin tahu. Biasakan melihat banyak hal sebagai ruang untuk eksplorasi.  Biasakan mencari dan mengolah informasi/data seperti layaknya mencari dan menyusun kepingan “puzzle”. Kita melakukannya dengan tekun dan gembira, karena sadar setiap kepingan akan membantu kita memahami gambar besar yang sesungguhnya.

(Creative) Sadari bahwa kreativitas adalah soal proses. Karena itu berbagai batasan yang ada bukanlah halangan untuk berkreasi. Satu lembar canvas putih sederhana bisa menjadi ruang ribuan goresan dan bercampurnya banyak warna. Nilai sebuah lukisan bukan dari bahan canvasnya, namun dari hasil goresan dan campuran warna yang ada di dalamnya.

(Courageous) Beranikan diri  untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Mulai segera. Terima kegagalan sebagai salah satu konsekuensi dari setiap usaha. Namun sadari juga bahwa setiap kegagalan mungkin adalah bentuk seleksi dari semesta. Untuk memilah siapa yang layak (terus bermain) dan siapa yang hanya berpura-pura.

Leave a Reply