“Hari ini ramai pak?” Tanya saya pada pak supir taxi bandara siang itu. “Sepi pak. Gegara wabah Corona, bandara jadi sepi. Ini nunggu dari jam 11 baru jam 14 dapat Bapak. Tapi ya namanya usaha, kadang ramai kadang sepi. Yang penting saya sehat dan masih bisa kerja aja pak.” Jawab pak supir polos. Tampak sedikit senyum di wajahnya.

“Bapak gak takut kena Corona?” Tanya saya kembali. “Ha3, ya takut lah pak, siapa yang mau sakit? Tapi klo gak narik (bawa taksi), nanti yang dirumah gak bisa makan pak. Walaupun supir saya juga khan pemimpin keluarga. Tugas saya (sebagai pemimpin) untuk jaga keluarga saya, walau takut ya harus tetap narik. Yang penting kita gak panik, gak rusuh, tetap coba sehat. Sisanya ya terserah Tuhan aja pak.” Jawab pak supir dengan nada penuh keikhlasan.

Siang itu, di sebuah taxi saya diingatkan bahwa leadership bukan sekedar mengambil keputusan, namun juga melakukan segala hal yang diperlukan, dalam kondisi sesulit apapun. Lebih dari itu, pak Supir juga mengingatkan saya bahwa setiap leader pada dasarnya adalah follower (dari kekuatan yang lebih besar dari dirinya). Sehingga #leadership dan #followerhip adalah dua sisi dalam satu keping yang sama.

Ada banyak ruang pembelajaran kepemimpinan (leadership) yang bisa kita hadirkan di sekeliling kita. Lewat obrolan sederhana, lewat diskusi, dan lewat bermain. Saya percaya sepenuhnya bahwa bermain (#game) adalah salah satu ruang pembelajaran leadership yang potensial. Dengan hadirnya berbagai bentuk disrupsi, mungkin ini saatnya kita melihat #leadershipdevelopment program dari sisi lain, bukan sebagai sebuah program yang besar, panjang, kompleks, ekslusif tapi sebagai sebuah program yang sederhana, menyenangkan, dan bisa dihadirkan di mana saja. Mungkin ini juga saat yang baik untuk bicara bukan hanya good leadership tapi juga good followership.

Ini yang melandasi kami menghadirkan LDRS.xyz, sebuah program game based learning khusus terkait leadership (dan followerhip). Harapannya adalah agar kita bisa sama-sama menghadirkan ruang pembelajaran leadership yang sederhana, menyenangkan, bisa dihadirkan di mana saja, untuk semua.

“Leadership and learning are indispensable to each other.”JFK.


Leave a Reply