Ruang Berbagi Sudut Pandang, Mengingatkan, dan Menguatkan

Kopi panas, gorengan, dan keramaian sebuah warung kopi biasanya melengkapi suasana diskusi informal yang dilakukan minimal seminggu sekali. Kadang suasananya lebih formal, dengan meja meeting besar, layar presentasi, dan sederetan mereka yang berdasi. 

Namun semua itu kini sirna. 

Saat ini saya sedang belajar untuk bisa menikmati banyak diskusi dari layar monitor semata. Kadang karena kualitas internet yang masih terbatas, harus banyak kompromi. Harus belajar menikmati gambar wajah yang terhenti, suara yang hilang berkali-kali, atau tiba-tiba diskusi sendiri, karena saya kehilangan koneksi. Proses kompromi yang menguras cukup banyak energi (BBC: Why zoom video chats are so exhausting).

Disadari atau tidak, kita mungkin baru saja tiba di tahap awal rangkaian perubahan besar (Mckinsey article). Satu era disrupsi yang hadir tiada henti. Kita menghadapi new landscape, new normal, dan untuk itu butuh new point of view. Kita harus mampu melihat berbagai hal dari sudut pandang baru. Karena hanya dengan begitu kita akan mampu untuk learn, unlearn, dan relearn dengan kecepatan yang cukup untuk mengimbangi semua perubahan. 

Ketika kita bicara leadership, mungkin ada baiknya kita juga diskusi tentang followership. Ketika kita bicara hasil, mungkin ada baiknya kita juga diskusi tentang proses. Ketika kita bicara pendekatan belajar yang efektif, mungkin ada baiknya kita juga diskusi pendekatan belajar yang menyenangkan (Paper: Foundation of Game Based Learning).

 Mungkin yang sangat kita butuhkan saat ini adalah sebuah ruang belajar bersama. Untuk kita bisa saling berbagi sudut pandang tentang banyak hal. Untuk saling mengingatkan bahwa selalu ada pendekatan baru mungkin layak kita coba. Untuk saling menguatkan agar kita bisa menikmati setiap perubahan yang terjadi. 

-Eko Nugroho-


Artikel ini sebelumnya telah dipublikasikan di LDRS.XYZ. LDRS.XYZ adalah sebuah program game-based learning khusus untuk leadership development program. Untuk info lebih detil terkait keseluruhan program silahkan kunjungi http://LDRS.XYZ

1 comment

Leave a Reply