Gamifikasi Untuk Disiplin Protokol Kesehatan

Banyak yang paham pentingnya pakai masker dan jaga jarak (juga protocol Kesehatan lainnya), tapi masih malas melakukannya. Antara paham sesuatu itu penting dan mau melakukannya kadang memang ada jurang/gap, konsep gamifikasi yang baik bisa jadi jembatan untuk memastikan setelah paham, orang juga mau melakukan.

Berikut beberapa ide konsep GAMIFIKASI sederhana untuk meningkatkan disiplin Protokol Kesehatan

1.Loss aversion / Consequences:

Sebarkan stiker resmi untuk para pedagang kaki lima, supir angkutan umum, café/resto: “tanpa masker semua harga x2 “. Stiker ini mungkin akan memotivasi banyak pihak (penjual, supir, café) untuk mau terlibat aktif mengingatkan konsumennya.

2. Random & Narrative:

Implementasi Self assessment adalah ide yang menarik. Tapi akan lebih baik jika diikuti monitoring dan feedback yang tepat, misal ada random cek dengan pinalti yang cukup berat untuk mereka yang berbohong. Kemudian bangun narasi bahwa random cek ini sering dan sangat intens. Dengan begitu peluang terbentuknya kedisiplinan kolektif akan lebih besar.

3. Simple Reward System:

Target 30.000/hari rapid test sangat mungkin tercapai jika dibantu kesadaran dan kesediaan masyarakat. Untuk memotivasi ini kita bisa memberikan kupon (reward) untuk mereka yang sudah melakukan rapid test. Kuponnya bisa digunakan untuk diskon swab test atau diskon alat olahraga/suplemen vitamin di toko online.

4. Time Dependent Reward:

Kembangkan simple timer tools/apps maks 60 min. Setiap pengunjung supermarket/mall harus aktifkan ketika masuk. Jika dia tiba di kasir melewati waktu yang ditentukan, ia tidak bisa transaksi. Pengunjung harus harus keluar dulu dan mengantri Kembali (atau menunggu jika diberlakukan batasan jumlah pengunjung). Hal yang sama bisa diaktifkan untuk berbagai area wisata. Ini juga berfungsi sebagai control dan monitoring gugus tugas.

Gamifikasi bukan selalu soal apps, poin, badge, atau reward. Ini adalah soal bagaimana mengimplementasikan konsep game yang tepat untuk memotivasi prilaku yang diharapkan. Atas dasar tersebut, saya percaya game dan konsep gamifikasi bisa dioptimalkan sebagai solusi atas berbagai permasalah yang ada.

Gambar: Ilustrasi virus Covid19 dari phil.cdc.gov

Leave a Reply